Jumat, 28 Oktober 2011

Hari ini saya ingin berbagi cerita



Hari ini saya ingin berbagi cerita , cerita tentang seorng mahasiswa yang dulu nya berpakain ugal-ugalan dan ogah-ogahan waktu ke kampus dari tingkat satu dan semua mahasiswa disana sudah sangat familiar dengan pakaian tersebut. Cerita ini bertampat di kampus yang katanya negri tapi tetap aja mahal, gak tau tuh apa bedanya negri dengan swasta. Kampus yang depannya ada wisata kuda keliling dan tai burung dimana, parkiran semberautan, kalo tiap pagi kampus itu menyumbangkan 20% kemacatan yang di kotanya.(itu kampus apa mall?)

Di kampus itu dari tingkat satu emang udah di bebasin pake pakaian apa aja dan gak ada peraturan berrambut rapi, mungkin agak tidak mematikan kreativitas mahasiswanya. Jadi dari awal jadi mahasiswa biasanya para mahasiswa pake baju kaos oblong, jins pudar kucel dan sedikit robek-robek, pake sandal jepit saya keren-kerennya pake sepatu bolong dan di injak bagian belakangnya, dan sering gak mandi kalo ke kampus. Cerita nya sih gak mandi gara-gara begadang ngerjain tugas tapi kayaknya gak gitu deh. Sepertinya habis begadang main game atau nongkrong ngopi-ngopi barang teman-teman, niat nya kuliah juga gara-gara absen di hitung sih. Saking bebasnya, malah ada yang ngebolehin mahasiswanya ngerokok di kelas, biar ada temen ngerokoknya kali ya, kan gak enak kalo ngerokok sendiri aja.haha

Masalah itu bermula ketika para mahasiswa udh mulai tingkata akhir, apa lagi udah kelewat batas normal kuliah, dengan kata lain tingkat 5 dan harus ngulang beberapa mata kuliah. Biasanya mahasiswa itu sudah mulai ingin berpenampilan rapi saperti eksekutif muda atau bos-bos perusahaan. Ntah jiwa nya pengen cepat lulus, atau pengen cepat-cepat jadi bos kalo setelah lulus, atau lagi mau nyari pendamping wisuda, atau supaya keliatan keren aja, atau memang lagi part time tempat lain.
Nah para mahasiswa tersebut, yang tingkata 5 ini berpakaian rapi ke kampus yang biasa pake sendala atau sepatu robek-robek, sekarang pake pantofel, biasa pake kaos oblong sekarang pake kemeja, rambut di pangkas rapid dan di sisir rapi di tambah jelly dan sedikit parfum. Sangat berbedakan.

Dan fitur-fitur pendukungpun ikut-ikut di upgrade. Contonya pake softlenslah atau jam tangan swiss army lah dan gadjet-gadjet pendukung lainnya. Kalo di lihat ke tahun pertama dulu jauh banget lah penampilannya nya sekarang. Kalo orang bilang keliatan lebih dewasa.

Seiring dengan hal tersebut, masalah mulai bermunculan. Malasah pertama hari ini adalah ketika si mahasiswa di parkiran sehabis pulang kuliah ingin mengeluarkan motor kesayanganya, saking sayang ama motornya di kasih nama yang unyu-unyu gitu. Dasar freak. Parkiran yang gak jelas ujung dan gak teratur tesebut di jaga tukang parkir yang mengunakan pakaian dinas, udah kayak parkiran hotel bintang 3. Tukang parker yang seringnya ngelihat mahasiswa tingkat 1,2,dan 3 yang sedikit masih semberawutan tampangnya. Waktu si aa’ tukang parkirnya ngelihat ada mahasiswa yang berpakaian rapi dia langsung reflex nanya.
“Habis sidang ya mas?”
Waduh bingung nih jawab apa, boro-boro siding TA aja masih mentok di BAB II, biar gak mati gaya dan tetap keliatan wibawa dia jawab
“ Doakan saja secepatnya a’!”
Si tukang parker pun bingung dan nanya balik.
“Wisuda bulan depan mas?”
“Mau nya sih a’, doain aja ya a’!” jawab Si mahasiswa udah sedikit kesal.
“Ya saya doakan lancer ya mas!” jawab Si tukang parker sedikit takut
“Makasih Mas!” kata Si mahasiswa tegas.
Masalah kedua mulai timbul. Waktu jalan pulang dia ketemu banyak banget orang yang berpakaian rapid an berdandan mirip dengannya. Dia pun bingung, ada gerangan apa dan pada ngapain tuh orang rapi-rapi pada ngumpul di pinggir jalan.
Dengan rasa ingin tahu yang mendalam dia memberhentikan motor yang ia kendarai di warung kopi di dekat kerumunan orang-orang tersebut. Ngopi heulamelepas penat dan sambil mau nanya ama orang orang di sini. Selagi minum kopi, niatnya mau nanya eh euh keduluan di tanyain dulu ama orang disana.
“Udah berapa lama mas?” tanya mas yang duduk di sebelahnya,
“Udah berapa lama apa nya di a’? tanya si mahasiswanya penuh bingung.
“Udah berapa lama nganggurnya, sekarang mau ikut ngelamar tes di perusahaan di sebelahkan ini kan, kita-kita disini juga, sama lah kita,saya udah nyoba berkali-kali, belum lolos euy, jadi sabar aja mas kalo belum dapat tahun ini,banyak antrennya!”
Bingung gak ketolong dia pun bergegas pulang dari tempat tersebut, ingin rasanya cepat sampai kosan dan beristirahat. Waktu mengendarai motor dia berfikir,
“ Sial saya di kira pengangguran ama mereka, tapi dipikir-pikir susah juga ya cari kerja, jadi tambah takut cepat-cepat lulus dah!”
Melengkapi penderitaan Si mahasiswa itu di mulai lah cerita yang menyedihkan ini.
Karena bingung dan stress tingakat tinggi gara masalah parkiran dan yang disangka pengagguran di warung kopi tadi dia jadi susah focus. Dia mulai memasuki gang dimana kosannya berada, dia depan gang tersebut ada warung rokok, sebelum pulang ke kosan dia menyempatkan membeli rokok disana.
Entah apa yang ia pikirkan dia memarkirkan motornya di sebelah warung tersebut, dia membeli sebatang rokok, setelah menyalakan rokok ia pun mulai jalan kaki memasuki gang kosannya meningggalkan motornya yang terparkir di sebelah warung tersebut. Sambil menghisap rokoknya ia jalan perlahan-lahan di gang, gang demi gang, pertigaan, tikungan,ia lalui dengan kepala penuh pikiran, entah mikirin apa. Kosong. Dia terus berjalan dan berpikiran kosong hingga sampai di depan sebuah rumah. Lalu mengetuk pintu rumah tersebut dengan santai. Dia mengetuk-ngetuk terus pintu rumah tersebut. Dai tidak menyadari bahwa kosan nya masih 500M lagi dan entah rumah siapa yang ia ketuk tersebut. Setelah beberapa lama ia mengetuk pintu, orang yang punya rumah pun keluar dan melihat si mahasiswa tersebut dari bagian atas hingga bawah. Rambut klimis, pake kemeja sedikit gombrong, bau keringat campur parfum dikit, kelana jins campur gak jelas, sepatu pantofel, dan menyandang tas besar.( isinya sih laptop, TA orang terdahulu, dan draft proposal yang gagal penuh coretan)
Ibu pemilik rumah langsung ngomong cepat dan sedikit keras ke si mahasiswa.
“Maaf Mas, saya lagi gak ingin kredit barang, alat-alat masak saya di dapur sudah lengkap!”
Penuh malu dan bingung untuk jawab apa dia mulai berpikir cepat, memanfaatkan otak-otak orang yang kuliah di kampus ternama nya itu. Ia menemukan gimana cara tidak terlalu malu dan memanfaatkan kejadia ini untuk kesempatan yang bagus.
“Oh gak Bu, Saya bukan selles panci Bu, hehe.”
“Emang tampang saya kayak selles banget ya Bu?” sok basa basi untuk mencairkan suasana.
“Banget mas, cocok banget lah” tegas si Ibu
“ Bukan Bu, saya bukan selles, saya teman belajarnya anak ibu, saya kesini mau belajar bareng ama anak ibu.” ( ini namanya memanafaatkan bencana jadi peluang yang bagus, siapa tau anak ibu ini cewekcakepdan cocok lah jadi PW wisuda saya tahun depan)
“Maaf dek, saya kira tadi…”
“ah gak apa apa Bu” jawab si mahasiswa.
“Silahkan masuk kalo gitu dek” jawab si ibu penuh ramah
“Makasih Bu,”
Si ibu memanggil anaknya untuk keluar kamar menemui temannya ini.
“Sinta…Sinta…”panggil Si ibu.
“Iya mama, Ada apa?” jawab Si anak.
“ Ini ada teman kamu di depan!”
“Bentar, bentar.” Si anak bergegas keluar kamar.
Sambil duduk di ruang tamu Si mahasiswa deg-degan menunggu keluarnya anak si anak ibu ini dari kamar.
Tidak tau apa yang di mimpi si mahasiswa itu tadi malam, ia sungguh sungguh tidak beruntung hari ini, yang keluar dari belakang nya anak SD berumur 7 tahun, sambil berkata.
“ Loh itu siapa ma?” tanya si anak.
“Nih katanya teman kamu, mau ajak kamu belajar bersama, gih ajak belajar menulis bersama” jawab si ibu sambil menahan ketawa dalam hati.
“Aduh, maaf dek tiba-tiba abg ada tugas mendadak nih, ada tugas yang harus di kerjakan”
“Maaf ya bu, saya pamit pulang, ada urusan” tambahnya sambil Manahan malu yang udah gak kebendung lagi ini.
“Gak jadi belajar bareng anak saya nya mas?” tanya si ibu sedikit senyum.
“ Lain kali aja bu, makasih ya bu, permisi pamit.” Sambil berjalan keluar dari pintu rumah si ibu.
“ Oh ya udah, hati-hati di jalan ya, jangan sampe salah rumah lagi ya.” Jawab si ibu sambil geleng-geleng kepala.
Dengan penuh malu ia mempercepat jalan untuk sampai ke kosan nya, sesampai ke kosan ia lansung cuci muka dan naik ke atas kasur.ia menutupi muka nya dengan bantal, dan berteriak sekencang-kencang nya. “Siaaaaaal….” Dan dia sudah cukup lega menenangkan pikirannya yang sempat kusut tadi. Baru lah ia teringat, “Motor gue kan di parker di warung rokok depan gang, bajiangan”

Tidak ada komentar: